Wednesday, May 13, 2009

Membuat Virtual Drive di Windows XP

Mungkin diantara kita pernah menemui kasus dimana kita sering mengakses file pada path yang sangat panjang, sedangkan path tersebut merupakan system directory sehingga kita tidak bisa meletakkannya di sembarang tempat. Pada lingkup kerja di jaringan kita mengenal istilah Mapping Drive dimana sebuah location di jaringan akan di-mapping menjadi sebuah drive di PC kita sehingga kita seolah-olah sedang mengakses file secara lokal.

blogger-emoticon.blogspot.comLalu bagaimanakah menerapkan hal ini pada path lokal? Apakah kita harus membeli shareware hanya untuk melakukan hal ini?

Berikut ini saya berikan tips singkat cara membuat virtual drive di Windows XP dengan perintah SUBST di Command Prompt (DOS) :

okey, Misalkan path yang ingin kita jadikan drive adalah :
C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\COMMON\IDE\IDE98\resources\1033


Trus tentukan huruf drive yang akan kita bikin virtual (pake huruf yang belum terpakai dalam system) misalnya kita akan memakai huruf N (drive N)

1. Buka Command Prompt dari Run > cmd

2. Syntax SUBST adalah sbb :

SUBST [drive1:] [drive2:]nama_path]


3. Untuk kasus ini, berarti yang harus kita ketikkan adalah
SUBST N: "C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\COMMON\IDE\IDE98\resources\1033"

4. Tekan Enter. Untuk lebih jelasnya lihat layar konsole dibawah ini :


5. Drive N telah terbentuk dengan isi file yang sama dengan C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\COMMON\IDE\IDE98\resources\1033


Trus gimana cara hapusnya? Tenang bro, gak permanen kok.. tinggal restart aja.. tapi kalo anda malas restart, cara menghapusnya adalah dengan mengetikkan perintah berikut di Command Prompt :
SUBST N: /D
Okey kan? Tapi gimana kalo ternyata anda ingin drive virtual tsb permanen??
Brr… oke deh gini caranya. Terpaksa kita maenkan cara lama, buka command prompt, ketikkan :
EDIT C:\AUTOEXEC.BAT

Masukin perintah tadi didalam file tsb. Simpan dengan shortcut Alt+F+S. Keluar dari editor dengan Alt+F+X. restart deh.. pasti udah permanen.

Enjoy !!! Go Prada !!!

blogger-emoticon.blogspot.com

3 comments:

  1. ini dia tips yang saya cari, makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Sudah lama mencari.. akhirnya ketemu juga... thank's boss..

    ReplyDelete

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)