Monday, December 7, 2009

Browsing lebih cepat dengan "Google Public DNS"

Apakah anda memiliki pengalaman browsing yang lambat, atau apakah anda sering mengakses Google? Cobalah untuk mengganti DNS anda, dengan "Google Public DNS".

Apa itu DNS? DNS adalah sistem penamaan komputer, servis, atau ke semua sumber daya yang terhubung ke Internet atau jaringan. DNS menerjemahkan nama domain yang sebenarnya berbentuk angka (binary) ke nama domain yang dimengerti oleh manusia. Contohnya : saat kita membuka www.detik.com. Sebenarnya, nama domain tersebut berbentuk IP address, misalkan 203.190.241.43. DNS-lah yang bertugas menerjemahkan domain tersebut.

Layanan Google Public DNS adalah layanan gratis untuk kita. Kita boleh menggunakan servis tersebut sebagai alternatif dari DNS yang diberikan oleh ISP Anda. Untuk menggunakan lakukan setting IP seperti berikut:
Ubah IP Preferred DNS di Network Setting Anda menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 sebagai Alternate DNS servernya. Boleh dikombinasikan dengan DNS dari ISP anda, terserah mau jadi Primary atau Alternate. Google memberikan jaminan bahwa kita akan mendapatkan pengalaman browsing yang lebih cepat.

(Jika anda belum memahami tentang segala tetek-bengek setting jaringan ada baiknya anda konsultasikan dulu dengan System Admin anda di kantor)


Hmm.. hey what do you looking at..?

Selain menjanjikan pengalaman browsing yang lebih cepat, Google juga menjanjikan keamanan yang lebih tinggi. Untuk membaca mengenai keamanan apa saja yang mereka janjikan, silahkan kunjungi link ini.

Apabila Anda ingin membaca lebih lanjut mengenai servis ini silahkan kunjungi link ini.

Bagaimana, sudah mencoba teknik ini? Mari berbagi pengalaman Anda di comment.

5 comments:

  1. bro thx banget gua jadi tau ,,,,

    ReplyDelete
  2. sayang bro web lo lemot bgt aplikasi kli ya ...hehehe

    ReplyDelete
  3. @anonymous : makasih bro.. ya memang ada script yang mengganggu... i'll fix this :-)

    ReplyDelete

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)