Monday, May 25, 2009

Menambah menu pada klik kanan Windows Explorer

Bagi anda yang sering bekerja di Windows Explorer, pasti memerlukan akses cepat ke sebuah aplikasi (misalnya saja Wordpad, Character Map, Notepad, dsb). Nah beberapa shortcut memang bisa ditempuh antara lain lewat Start Menu, Quick Launch, Run, dsb. Dan menempuh & menghapal sekian banyak shortcut adalah rutinitas yang membosankan. Kenapa gak ditempeli di klik kanan Windows Explorer aja? kan lebih singkat dan cepat.

Tenang coy, saya sudah membuat sebuah aplikasi untuk menambah menu pada klik kanan Windows Explorer. Aplikasi apa saja bisa diletakkan termasuk game :-)


Caranya sangat mudah. Tinggal masukin nama menu dan tentukan pathnya, selesai coy. Contoh hasilnya seperti dibawah ini :


Oya, ada bonus tambahan, anda juga bisa menambah menu CopyTo, MoveTo, dan SendTo untuk memudahkan anda dalam proses penyalinan / pemindahan file secara cepat. Tinggalkan cara kuno Copy-Paste yang anda pakai selama ini..






Download Adee Add-Menu 1.0

Wednesday, May 13, 2009

Membuat Virtual Drive di Windows XP

Mungkin diantara kita pernah menemui kasus dimana kita sering mengakses file pada path yang sangat panjang, sedangkan path tersebut merupakan system directory sehingga kita tidak bisa meletakkannya di sembarang tempat. Pada lingkup kerja di jaringan kita mengenal istilah Mapping Drive dimana sebuah location di jaringan akan di-mapping menjadi sebuah drive di PC kita sehingga kita seolah-olah sedang mengakses file secara lokal.

blogger-emoticon.blogspot.comLalu bagaimanakah menerapkan hal ini pada path lokal? Apakah kita harus membeli shareware hanya untuk melakukan hal ini?

Berikut ini saya berikan tips singkat cara membuat virtual drive di Windows XP dengan perintah SUBST di Command Prompt (DOS) :

okey, Misalkan path yang ingin kita jadikan drive adalah :
C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\COMMON\IDE\IDE98\resources\1033


Trus tentukan huruf drive yang akan kita bikin virtual (pake huruf yang belum terpakai dalam system) misalnya kita akan memakai huruf N (drive N)

1. Buka Command Prompt dari Run > cmd

2. Syntax SUBST adalah sbb :

SUBST [drive1:] [drive2:]nama_path]


3. Untuk kasus ini, berarti yang harus kita ketikkan adalah
SUBST N: "C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\COMMON\IDE\IDE98\resources\1033"

4. Tekan Enter. Untuk lebih jelasnya lihat layar konsole dibawah ini :


5. Drive N telah terbentuk dengan isi file yang sama dengan C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\COMMON\IDE\IDE98\resources\1033


Trus gimana cara hapusnya? Tenang bro, gak permanen kok.. tinggal restart aja.. tapi kalo anda malas restart, cara menghapusnya adalah dengan mengetikkan perintah berikut di Command Prompt :
SUBST N: /D
Okey kan? Tapi gimana kalo ternyata anda ingin drive virtual tsb permanen??
Brr… oke deh gini caranya. Terpaksa kita maenkan cara lama, buka command prompt, ketikkan :
EDIT C:\AUTOEXEC.BAT

Masukin perintah tadi didalam file tsb. Simpan dengan shortcut Alt+F+S. Keluar dari editor dengan Alt+F+X. restart deh.. pasti udah permanen.

Enjoy !!! Go Prada !!!

blogger-emoticon.blogspot.com

Membobol password file RAR dengan Metode Dictionary Attack

Mungkin sudah banyak yang tau bahwa untuk beberapa jenis file dokumen seperti *.doc, *.xls, *.zip dan sebagainya bisa dibobol dengan beberapa tool-tool hacker. Tapi tidak dengan file dengan format RAR. File RAR (dipopulerkan oleh WinRAR) sampai saat ini masih memberikan security terbaik dalam hal enkripsi passwordnya. Ada beberapa metode yang biasanya ditempuh oleh tool-tool pembobol password, saya hanya akan membahas yaitu Brute-Force Attack dan Dictionary Attack

Brute Force Attack adalah cara membobol password yang paling klasik (in other word, the stupidest way :-) ). Yaitu dengan cara “menyerang” file target dengan password kombinasi yang terdiri dari karakter a-z, A-Z, 1-0, dan simbol-simbol yang ada (tergantung konfigurasi). Thanx for gigahertz processors nowadays for doing this boring looping jobs. Aplikasi semacam Intelore RAR Password Recovery meng-klaim bisa melakukan “serangan” hingga 3000 password per detik!. Untuk password yang sederhana seperti “1234” mungkin hanya memerlukan beberapa menit untuk menembusinya. Tapi bagaimana dengan password seperti “P0o9I87tETy63yty6ey773e366373”. Boleh percaya boleh gak bisa makan waktu puluhan tahun dengan processor Core 2 Duo!.
blogger-emoticon.blogspot.com

Metode selanjutnya, adalah Dictionary Attack. Sesuai artinya, metode ini cukup simpel. Hanya dengan memanfaatkan dictionary / database yang berisi password. Tentu cara ini memiliki kelemahan di sisi lengkap apa gak isi kamusnya. Tapi siapa tau anda beruntung, password yang anda inginkan ada didalam dictionary. Daripada nunggu bertahun-tahun :-) Berikut ini saya berikan dictionary password RAR yang saya miliki, dan akan terus di-update. Biasanya file-file RAR yang dipassword ini berasal dari forum-forum atau blog. File database ini bisa digunakan oleh program password cracker apa saja yang mendukung dictionary attack.

ADEERISWAN_PASSLIST_85.DIC (2 kB, contains 85 passwords)

Pada aplikasi Intelore RAR Password Recovery (atau anda bisa memakai aplikasi lain), cukup pilih metode Dictionary Attack, trus tentukan path dimana anda menyimpan file dictionary hasil download. Lalu tekan START.. silakan berdoa semoga password anda berhasil tembus

Catatan :
Bagi teman-teman yang punya koleksi password RAR, mari kita berbagi disini. Post aja di comment. Tar saya masukin di dictionary update terbaru. Thx u before

Updated (08-12-2009) :
Ini saya dapat link dictionary yang baru. Berisikan 5.088.332 password! Silakan disedot disini coy...

Wallpaper dari video dengan VLC Media Player di Windows XP

Bikin wallpaper dari file gambar seperti *.bmp, *.png, *.gif, *.jpg adalah hal biasa. Namun bagaimana jika anda ingin membuat wallpaper yang bergerak, khususnya dari file video. Untuk ini kita bisa memanfaatkan aplikasi open source VideoLAN (VLC) Media Player.

Caranya sangat mudah :
  1. Download VLC media Player disini
  2. Lakukan instalasi aplikasi (seperti biasalah, standar aja coy)
  3. Pilih menu Media > Open File
  4. Tentukan letak file video anda (adapun file video yang di support ama VLC bisa dilihat di gambar bawah)
  5. Jalankan file video-nya blogger-emoticon.blogspot.com
  6. Pilih menu Video > DirectX Wallpaper
  7. Yup! Anda telah berhasil memasang video sebagai wallpaper. Sori gak pake screenshot.
blogger-emoticon.blogspot.com