Sunday, April 25, 2010

Lenovo Thinkpad X100e : Mengaktifkan Bluetooth di Ubuntu 9.10

Salah satu masalah yang cukup menyita waktu saya saat menginstal Ubuntu 9.10 di Lenovo Thinkpad X100e adalah : Bluetooth yang tidak aktif. Udah coba berbagai perintah dan rumus sakti di konsole tetap aja gak ngaruh. Sudah cek di BIOS sampai update BIOS segala juga tetap gak ngaruh. Pernah sekali ngetes pake bluetooth dongle, langsung dikenal kok ama Ubuntu. Kesimpulannya OS udah oke, tinggal device bluetooth-nya yang belum diaktifkan.

Setelah bertanya kesana-kemari di internet, dapat satu pencerahan, bahwa sebenarnya Bluetooth di X100e memang disetting non-aktif secara default, dan hanya bisa diaktifkan melalui OS Windows. Untuk anda yang memang menggunakan OS Windows di notebook ini (atau membeli X100e dengan Win7 pre-installed) mungkin ini bukan masalah besar, tapi bagi anda (dan juga saya) yang beli kosong dan menggunakan Ubuntu tentu ini jadi masalah.

Jadi solusinya simpelnya begini :
  • Install Windows XP terlebih dahulu pada notebook ini, install driver Bluetoothnya (XP) di sini  lalu install juga driver Hotkey Features Integration for Windows 7, Vista, XP and 2000
  • Tekan tombol kombinasi Fn+F5 lalu posisikan Bluetooth dalam kondisi ON. 
  • Oke deh selesai. Trus selanjutnya terserah anda apakah notebook ini ingin dibuat dual-boot (Win+Linux) atau instal ulang Linux secara keseluruhan. Yang pasti Bluetooh anda sudah dikenali langsung oleh Ubuntu.
Khusus yang saya lakukan, mengingat saya telah menginstall Ubuntu pada awalnya, dan telah customize disana-sini.. terus terang saya benar-benar malas untuk menginstall ulang notebook ini hanya sekedar untuk mengaktifkan Bluetooth-nya.


So yang saya lakukan adalah mengaktifkannya melalui Portable WinXP (searching aja di Om Google) yang diinstal di USB Flash Disk. Setelah saya membakar ISO-nya ke Flash Disk, trus lakukan boot dengan USB-HDD pada priority pertama. Setelah anda sukses masuk ke Portable WinXP, install driver Bluetooth dan Hotkey diatas. Karena tidak ada drive C, anda bisa install drivernya di drive X:\DRIVERS. Anda mungkin perlu reboot ulang disini, masuk lagi ke Portable WinXP, buka Explorer lalu arahkan ke direktori X:\DRIVERS\WIN\HOTKEY\OSD\F5. Jalankan file TpFnF5.exe, lalu posisikan Bluetooth pada posisi ON. Selesai, done... enjoy your Bluetooth on Ubuntu :-)

Note : 
  • Pada intinya, Bluetooth di X100e hanya bisa diaktifkan pada OS Windows. (aktif beda dengan ON/OFF yaa)
  • Mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan lebih detil tentang step by step instalasi / pemakaian Portable WinXp dengan screenshot, karena saya tidak mencatatnya  / snapshot. USB-drive-nya pun udah saya format ulang :-(
  • Jika teman-teman memiliki cara yang lebih simpel, mohon sekiranya bisa di-share ke sini :-) Thanx

2 comments:

  1. Terima kasih gan infonya :)
    akhirnya bisa nyala bluetooth ku!!!

    ReplyDelete
  2. Gan, ad trik lainnya nggak...soalnya saya gak berhasil pake cara ini. udah install sana sini tetap aja gatot.... malahan kagak terdeteksi bluetootnya....saya cek di device manager emang kagak ad bluetooth tercantum...jadi ini pertanyaan besar..bener gak sih thinkpad x100e ini support ama bluetooth....

    ReplyDelete

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)