Sunday, September 26, 2010

Resize image secara batch dengan Mogrify (ImageMagick)

Sebagai seorang blogger yang nge-blog dengan notebook Linux, saya sering menemui kendala untuk me-resize image yang akan diupload. Memang, saya bisa saja memakai GIMP, tapi tetap dirasakan kurang praktis jika harus membuka GIMP hanya untuk resize gambar, apalagi jika gambar yang ingin diresize berjumlah banyak (batch).

Akhirnya ketemu cara yang praktis, dan asiknya lagi bisa dilakukan dengan mudah melalui command line. Tool yang dipakai adalah mogrify. Tool ini bagian dari ImageMagick, so kita harus menginstall ImageMagick terlebih dahulu.

sudo apt-get install imagemagick

Setelah instalasi, proses resize cukup mudah. Buka Terminal, masuk ke path dimana anda meletakkan file gambar yang akan diresize. Contoh perintah yang bisa anda ketikkan sebagai berikut :

mogrify -resize 640 *.jpg

perintah diatas akan meresize seluruh file ber-ekstensi .jpg dengan lebar (width) 640 pixel. Untuk tinggi (height) akan disesuaikan secara otomatis (aspect ratio).



Tapi jika anda ingin 'memaksa' atau menentukan lebar & tinggi gambar sesuai keinginan, anda bisa menggunakan syntax berikut :

mogrify -resize 640x480! *.jpg

Cara lainnya, jika anda ingin me-resize ukuran file tetapi dengan skala / persentase, kita bisa memakai parameter -scale. Contohnya sebagai berikut :

mogrify -scale 50% coba.png
mengecilkan ukuran gambar (shrink) sebesar 50% dari ukuran awal.


mogrify -scale 250% coba.png
membesarkan ukuran gambar (doubled) sebesar 250% dari ukuran awal.


Semoga tips ini bisa berguna.

No comments:

Post a Comment

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)