Thursday, December 9, 2010

NesterJ : Mainkan game jadul Nintendo di PSP

Walaupun game-game di Playstation Portable (PSP) sudah 3D dan canggih, tapi terkadang saya (dan mungkin teman-teman pembaca) ingin kembali memainkan atau lebih tepatnya mengenang game-game jadul di saat kita SD/SMP dahulu.

Ya, game-game Nintendo Entertainment System atau NES (Di Indonesia, lazim disebut dengan 'game Nintendo') sangat berjaya pada masa itu. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan game Mario Bros, Super Mario Bros 3, Contra, Chip n' Dale, Double Dragon dan banyak lagi. Di masa itu di pikiran saya hanyalah game, game, dan game hehe.. :-)

Untuk memainkan game jadul tersebut di PSP kita bisa menggunakan NES emulator. Salah satu yang saya pakai adalah NesterJ (By Ruka's). Gratis kok. Silakan download emulatornya disini (347Kb), trus extract dan masukkan folder NESTERJ ke direktori /media/[memory_card]/PSP/GAME (Kalo di Linux) atau di X:\PSP\GAME (Kalo di Windows, asumsi X adalah drive Memory Card anda).


Oke selesai, NES emulator sudah terpasang di PSP anda, silakan cek di menu GAME > MEMORY STICK.

Trus gimana dengan game-nya? Hmm, berdasarkan keterangan dari Nintendo, mendownload, dan memainkan ROM dari game NES di emulator adalah illegal. (Kalo emulator-nya sih legal). So saya tidak akan memberikan link download game NES, mungkin anda bisa mencarinya sendiri di Google. Semoga ketemu, bisa dicoba dengan keyword "nes rom"

Jika anda sudah mendapatkan sejumlah game NES, masukkan game tsb ke direktori /media/[memory_card]/PSP/GAME/NESTERJ



Oya NesterJ juga menyediakan beberapa fasilitas dan konfigurasi yang menarik (diakses melalui analog control ke kiri) seperti :
  • Save Slot (Save/Load/Delete) : Untuk menyimpan posisi permainan, tersedia 10 slot.
  • Screenshot : Untuk mengambil screenshot game yang sedang dimainkan.
  • Load Cheat, Graphic & Sound Config, dan banyak lagi.

Oke selamat bernostalgia :-)
Link : Download NesterJ

1 comment:

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)