Saturday, March 27, 2010

Lenovo Thinkpad X100e : Review & Spesifikasi

Setelah sekian lama hunting + browsing di internet, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Lenovo Thinkpad X100e. Awalnya sih pengen beli netbook Atom tapi setelah mencari referensi di internet, ternyata Lenovo mengeluarkan varian baru dari Thinkpad yaitu X100e. Harganya beda tipis dengan harga netbook pada umumnya. Menurut Lenovo, X100e tidak termasuk kelas netbook, tapi lebih kepada ultra-portable notebook. Whatever-lah. Oke berikut saya berikan sedikit review awal terhadap X100e.

Unboxing :

Gak ada yang istimewa pada kemasannya. Notebook, charger, dan 1 bundel buku manual + kartu garansi. That's all. Oya dapat bonus carrying case. Bagus, walaupun agak kebesaran.


Spesifikasi :

OS
:
DOS
Processor
:
AMD Athlon Neo MV-40 (1.60 Ghz , Cache 512 KB)
Chipset
:
AMD M780G
Graphics
:
ATI Mobility Radeon HD 3200 graphics 128 MB (shared)
RAM
:
2GB DDR2 SDRAM PC5300
Storage Space
:
250GB SATA HDD
Display
:
11.6 inch 1366 x 768 WXGA Display (Anti Glare)
Connectivity
:
- 3 USB ports (1 powered)
- Gigabit-Ethernet jack
- Headphone & microphone combined slot
- Multi card reader,
- WiFi b/g/n (Realtek 819x)
- Bluetooth
- Webcam HD Low Light Enhanced
Battery
:
6 cell Li-Ion battery (5 hours)
Weight
:
3.3 lbs (1.5kg)
Garansi
:
1 tahun

Kelebihan X100e :
  1. Finishingnya solid dan kokoh. Tidak meninggalkan sidik jari.
  2. Desain khas thinkpad : model kotak, hitam dop (tersedia juga warna putih dan merah).
  3. Ringan dan tipis
  4. Video Card-nya udah ATI Radeon HD 3200.. jauh lumayan daripada Intel chipset graphic.
  5. Dapat Touchpad dan Trackpoint sekaligus. Pake Trackpoint lebih nyaman daripada touchpad
  6. Keyboard yang nyaman,dan anti-spill (aman jika ketumpahan kopi, but I'm not gonna tested this)
  7. Layar 11.6 inch lebih lega daripada netbook 10.1 inch pada umumnya
  8. LCD-nya gak glossy... mantab.. gak ada efek cermin / silau. Anti-spy deh .. dari samping gak keliatan :-)
  9. Kualitas speaker lumayan lantang.
  10. Lid LCD bisa direbahkan hampir 180 derajat. Thinkpad banget.
  11. Gigabit ethernet
  12. ThinkVantage Active Protection system, sebuah sistem yang bisa mendeteksi ketika harddisk miring atau jatuh sehingga terhindar dari resiko plat harddisk tergores.

Kekurangan X100e :

  1. Processornya panas. AMD coy..! [update 12-12-2010 : Solved! Baca disini]
  2. Performance biasa saja, tapi masih diatas kinerja netbook-lah. Review di internet menyatakan saingan dari X100e adalah Acer Ferrari One
  3. Gak ada lampu Caps-Lock, dan lampu HDD-activity
  4. Colokan microphone dan headphone menyatu dalam 1 jack
  5. Tombol Fn dan Del yang tidak lazim peletakannya
  6. Battery 6 Cell cuma tahan 5 jam. Ya karena AMD memang boros daya, ingat ini bukan netbook. Ada review di internet yang menyatakan bahwa kinerja battery bisa diperbaiki dengan melakukan update BIOS. I'll prove this later.
  7. Gak ada CD driver, semuanya harus didownload via internet.
  8. Harganya sedikit lebih mahal ($500) ketimbang netbook Atom ($350 - $450).
  9. Membuka lid-nya harus dari samping, jika di-buka dari tengah maka akan tertekan tombol mouse touchpad.

Kesimpulan :
  1. Lenovo Thinkpad X100e layak dimiliki buat seseorang yang ingin mencari laptop kedua. (kasus yang saya hadapi, notebook Acer Aspire 4710 saya sudah dikuasai oleh anak dan istri, gak boleh dibawa-bawa lagi :-(
  2. Notebook ini cocok bagi seseorang yang memerlukan notebook yang ringan, tipis, mobile dan kinerja diatas Atom.
  3. Notebook ini cocok dipergunakan untuk aktivitas browsing, chatting, office, entertainment (musik + video) dengan jumlah multitasking wajar.
  4. Jika daya tahan battery sangat penting bagi anda (>8jam), maka notebook ini tidak cocok untuk anda (6 cell = 5 jam)
  5. Jika anda seorang gamers 3D sejati, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk membeli notebook  dengan processor yang lebih powerful ketimbang ini.
  6. Cocok bagi anda yang suka dengan desain jadul khas Thinkpad. Ketimbang netbook merk lain yang desain candy-pretty-shiny.
  7. Letakkan mug kopi disisi kiri notebook dan your coffee will always be in warm mode :-)

Dan saya memutuskan untuk memiliki notebook ini karena :
  • It's a Thinkpad, well-known for its great durability
  • It just for my secondary-notebook. For travelling + working especially.
  • My purpose, I just need a lightweight notebook for typing some documents, browsing with wifi / 3G modem, email, chat, less games, and do few coding.
  • AMD Athlon Neo + ATI Radeon : a worth-to-try … since i'm bored with Intel.
  • To focus on Linux experiment (since my wife didn't allow me to install linux on her notebook, and i don't like to work on dual-boot). 

Oke guys ini baru review di sisi hardware dan spesifikasi. Untuk review OS akan dibahas di posting berbeda. Saya akan menginstall OS Ubuntu 9.10 Karmic Koala 64-bit di notebook ini. Tunggu  bahasannya guys..