Sunday, September 26, 2010

Virtual Box OSE : error "Kernel driver not installed (rc=-1908)

Setelah sekian lama bergumul dengan Ubuntu, kangen juga dengan si Window$. Kebetulan dulu saya pernah menginstal Window$ XP SP3 didalam VirtualBox OSE.




Tapi begitu di Start, muncul pesan error seperti ini :
VirtualBox - Error In suplibOsInit
Kernel driver not installed (rc=-1908)
Please install the virtualbox-ose-source package.

Kernel driver not installed (rc=-1908)

Rupanya setelah diselidiki, punca masalahnya adalah VirtualBox kernel module tidak di-loading secara sempurna oleh system. Solusinya cukup mudah, buka Terminal lalu ketikkan perintah berikut :

sudo /etc/init.d/virtualbox-ose start

Start VirtualBox kernel module

Virtualbox kernel module akan segera di-starting.
Coba jalankan kembali Window$ XP di VirtualBox OSE. Yup, sudah bisa. :-)

Semoga tips ini bermanfaat.

Resize image secara batch dengan Mogrify (ImageMagick)

Sebagai seorang blogger yang nge-blog dengan notebook Linux, saya sering menemui kendala untuk me-resize image yang akan diupload. Memang, saya bisa saja memakai GIMP, tapi tetap dirasakan kurang praktis jika harus membuka GIMP hanya untuk resize gambar, apalagi jika gambar yang ingin diresize berjumlah banyak (batch).

Akhirnya ketemu cara yang praktis, dan asiknya lagi bisa dilakukan dengan mudah melalui command line. Tool yang dipakai adalah mogrify. Tool ini bagian dari ImageMagick, so kita harus menginstall ImageMagick terlebih dahulu.

sudo apt-get install imagemagick

Setelah instalasi, proses resize cukup mudah. Buka Terminal, masuk ke path dimana anda meletakkan file gambar yang akan diresize. Contoh perintah yang bisa anda ketikkan sebagai berikut :

mogrify -resize 640 *.jpg

perintah diatas akan meresize seluruh file ber-ekstensi .jpg dengan lebar (width) 640 pixel. Untuk tinggi (height) akan disesuaikan secara otomatis (aspect ratio).



Tapi jika anda ingin 'memaksa' atau menentukan lebar & tinggi gambar sesuai keinginan, anda bisa menggunakan syntax berikut :

mogrify -resize 640x480! *.jpg

Cara lainnya, jika anda ingin me-resize ukuran file tetapi dengan skala / persentase, kita bisa memakai parameter -scale. Contohnya sebagai berikut :

mogrify -scale 50% coba.png
mengecilkan ukuran gambar (shrink) sebesar 50% dari ukuran awal.


mogrify -scale 250% coba.png
membesarkan ukuran gambar (doubled) sebesar 250% dari ukuran awal.


Semoga tips ini bisa berguna.

Linux start to sells sandwich chocolate cracker!


No kidding! this is real... and it's make me laugh :-) i found it at some mini-market around the city of Tg.Balai Karimun.


I've tried to buy a box of it (contains 7 sachet). It costs about $1. Made in Malaysia. Each sachet contains 2 pieces of delicious sandwich.

No, i'm not to promoted this product, but it seems funny to eat our favorite OS in chocolate flavour .. hehe :-)

Adee learns to photograph (part 2)

Coba bermain-main dengan autofokus dan zoom. Lumayan, hasilnya gak mengecewakan hehe...

Exposure Time: 1/60 sec.
ISO Speed Rating: 134
Flash Fired: Flash did not fire, compulsory flash mode.
Metering Mode: Pattern
Exposure Program: Normal program
Focal Length: 19.0 mm


Exposure Time: 1/60 sec.
ISO Speed Rating: 147
Flash Fired: Flash did not fire, compulsory flash mode.
Metering Mode: Pattern
Exposure Program: Normal program
Focal Length: 19.0 mm

Model : Wardana

Saturday, September 25, 2010

Mengatasi Title Bar hilang di Ubuntu

Malam ini ketemu gejala aneh pada Ubuntu Karmic di notebook saya. Booting lancar tapi begitu login, buka gedit kok Title Bar-nya gak muncul? Dan ternyata 'penyakit' ini terjadi pada semua window yang terbuka.



Setelah searching di internet, sepertinya ada bentrok di Compiz. Solusinya cukup mudah. Buka terminal, lalu ketikkan perintah berikut :

sudo metacity --replace

oke Title Bar-nya langsung muncul.. :-) case closed

Semoga membantu

Sumber : Ubuntu Forum

Wednesday, September 22, 2010

Ubuntu : Cara mengembalikan panel desktop ke settingan default

Barusan ditelpon dari rekan cabang, memberitahukan bahwa panel atas dan bawah di Ubuntu-nya hilang! Well, gak perlu ditanya kenapa bisa begitu. Wajar, karena sebagian user (termasuk saya) memang masih awam di Linux, dan terkadang untuk mempelajari secara otodidak, memang harus trial and error :-)

Kalo cuma salah satu panel (atas or bawah ) yang hilang, penanganannya sih mudah tinggal klik kanan > New Panel lalu pilih item yang ingin ditambah. Tapi kalo kasus yang saya hadapi adalah kedua-dua panel hilang.

Setelah bertanya - tanya ke om Google, akhirnya ketemu solusinya begini :

  1. Buka Terminal dengan cara tekan Ctrl + Alt + F2
  2. Masukkan login user beserta passwordnya.
  3. Lalu ketikkan perintah-perintah berikut (tiap perintah akhiri dengan ENTER) :
gconftool --recursive-unset /apps/panel
rm -rf ~/.gconf/apps/panel
pkill gnome-panel
sudo reboot

Oke Ubuntu anda akan segera restart, dan ketika masuk kembali setelah login, panel atas dan bawah Ubuntu sudah muncul.

Semoga bermanfaat


Catatan :
* Jika ingin membunuh nyamuk, janganlah sampai membakar kelambu.
* Jika cuma panel yang hilang, kenapa harus di-install ulang