Thursday, January 13, 2011

Chat gratis di jaringan LAN / VPN dengan Pidgin + BonJour

Bonjour services
Mungkin anda sudah sering melakukan chatting dengan protocol yang populer seperti  Yahoo Messenger, Google Talk, Facebook Chat, Skype, dsb. Dan seperti yang kita ketahui, protocol-protocol diatas berjalan dengan koneksi internet.

Lalu bagaimana jika kita ingin melakukan chatting dalam ruang lingkup lokal (tanpa internet) seperti pada jaringan LAN atau VPN ?? Membangun chat server tentu bukan pilihan praktis.

Oke salah satu solusinya adalah menggunakan aplikasi messenger Pidgin dengan protocol Bonjour. Dengan Bonjour kita tidak perlu memikirkan chat server, cukup dengan menambahkan user, anda sudah bisa available pada room chat lokal, dan melakukan chat dengan rekan-rekan pada jaringan LAN/VPN.

Bonjour juga bersifat multi-platform, bisa jalan di Linux (Ubuntu) maupun Windows. Bonjour secara default sudah didukung dengan baik di OS Ubuntu, tetapi khusus di OS Windows kita harus menginstall "Bonjour Print Services for Windows" terlebih dahulu agar bisa menjalankan chat dengan Bonjour. Bisa didownload disini atau dari halaman Apple Support.

 Cara pemakaian cukup mudah. Buka Pidgin, pilih menu Account > Manage Accounts. Tekan tombol Add, pilih protocol Bonjour, lalu masukkan username unik anda. Anda juga bisa kustomisasi nama anda di tab Advanced. Selesai, tekan tombol Add lalu Close.




Done! Rekan - rekan anda yang memakai Bonjour dalam satu jaringan LAN / VPN akan langsung kelihatan di list. Selamat berchat ria :-)



Q&A :
Q : Sebenarnya Bonjour itu apa sih ?
A : Liat jawabannya disini.

Q : Kenapa harus pake Bonjour + Pidgin? Bukankah aplikasi freeware untuk LAN / VPN chat banyak tersedia??
A : Pertimbangannya Free, ringan, multi-platform (OS), dan multi-protocol (anda bisa login di Pidgin dengan YM, GTalk, Facebook, dan Bonjour secara bersamaan)

Semoga berguna

6 comments:

  1. keren mas :)
    saya biasa nya pake server chat pribadi spt Openfire, tapi Bonjour kyk nya bisa jdi alternatif klo server sedang down ...

    ReplyDelete
  2. sip mas dwi.... thanx for coming

    ReplyDelete
  3. tutornya simpel mas... ini berlaku untuk semua versi pidgin?
    saya coba dulu...

    ReplyDelete
  4. terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  5. mas, mau tanya, saya ud instal ke 2 laptop saya dengan masing2 internet masing2 (tidak connect local antara 2 laptop), lalu saya sama2 connect ke VPN di kantor saya (setelah connect VPN Internet saya off) dan masing2 ud dapet IP di kelas yang sama, dan bisa connect ke palikasi di server kantor saya, tp koq di list pidgin saya koq ga muncul list buddy nya ya?? kalo saya coba dengan connect antar 2 laptop local baru bisa terlihat listnya (laptop 1 lihat list laptop 2 begitu sebaliknya)... apa harus setting di server kantor terkait firewall port dan lain2, Mohon pencerahannya mas...

    ReplyDelete
  6. saya sudah coba bisa...tapi kok dengan IP berbeda tidak bisa?
    192.168.3.xx dan satunya 192.168.26.xx
    mohon petunjuknya

    ReplyDelete

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)