Sunday, July 24, 2011

CopySpot : Transfer file antar komputer dengan mudah

CopySpot
Dalam pekerjaan saya sehari - hari, saya mengoperasikan dua komputer di kantor, yaitu notebook ThinkPad saya (Win7 64bit) dan PC Dell Optiflex 360 (WinXP 32bit), yang terhubung dalam jaringan LAN.

Terkadang, ada hambatan di saat saya perlu memindahkan satu file di notebook ke PC, dan sebaliknya. Okay, tentu saja bisa melalui file sharing (LAN) di Windows, tapi dengan pressure kerja yang tinggi saya perlu yang lebih praktis! Membuka direktori di satu folder lalu membukanya lagi di komputer tujuan merupakan aktivitas yang membosankan, apalagi jika data di harddisk sudah begitu crowded. Saya sudah memakai Dropbox, tapi masih ada delay sekitar 5-8 detik dalam sinkronisasi file.

Akhirnya saya menemukan aplikasi kecil bernama CopySpot (http://www.orangesoftware.net/CopySpot/index.html) yang tepat dengan kebutuhan saya. Install aplikasi ini pada kedua komputer yang terhubung dengan jaringan LAN / Peer-to-peer, lalu jalankan aplikasi.
Akan muncul icon anjing berwarna kuning. Untuk melakukan transfer file, cukup drag file ke icon anjing tsb. Dalam waktu 1-2 detik file tsb sudah berada di komputer tujuan (di direktori C:\Users\[nama account]\CopySpot). Mudah kan?

Seharusnya CopySpot akan langsung mengenali dua komputer yang menjalankan CopySpot (Automatically find another computer running CopySpot). Tapi yang saya alami CopySpot tidak bisa langsung mengenal satu sama lain didalam jaringan kantor saya. Jika anda mengalami hal yang sama, anda harus memasukkan IP address anda secara manual di bagian Manual LAN Setup.
 
CopySpot setting
CopySpot juga bisa dipergunakan untuk transfer file ke server FTP. Cukup masukkan konfigurasi server FTP anda seperti IP, Target folder, username dan password.

Tertarik, silakan download dan install CopySpot dari link ini.

4 comments:

  1. patut untuk dicoba, makasih nambah ilmu lagi gan

    ReplyDelete
  2. Kalo Untuk Transfer File Dengan Ukuran/Size Yang Besar Bisa Gak Yah Gan??? Ya Sekitar Diatas 5-10 GB....

    ReplyDelete
  3. kok tetap tidak terbaca ya?

    ReplyDelete

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)