Sunday, July 24, 2011

Review Altec Lansing BXR 1221 Speaker System

Akhirnya saya harus mengganti speaker aktif saya (merk lokal DK) karena remotenya rusak :-(
Setelah mencari beberapa review di internet dan toko, saya memutuskan untuk membeli speaker system 2.1 merk Altec Lansing BXR 1221.
Altec Lansing BXR 1221

Dan berikut reviewnya :

A. Spesifikasi :
Two 2” full-range drivers
4” down-firing woofer
Sound Pressure Level (SPL): 84 dB
Total Continuous Power: 9 Watts RMS
Each Speaker: 2 Watts per Channel @4 ohms @ 10% THD @ 180 Hz – 18 kHz
Subwoofer: 5 Watts @ 4 ohms @ 10 % THD @ 50 – 180 Hz Single Channel Loaded
System Response: 50 Hz – 18 kHz (-10 dB)
Signal to Noise Ratio @ 1 kHz input:>74 dB

B. Kualitas Suara :
Secara keseluruhan kualitas suara yang dikeluarkan oleh speaker cukup jernih dengan dentuman bass yang mantap. Dua speaker satellite mengeluarkan treble yang jernih, penuh tapi tidak bergemuruh (sempat saya bandingkan dengan Logitech Z103 pada saat membelinya di Kenari Mas, walaupun dari sisi power speaker ini kalah jauh dengan Logitech Z103, tapi semburan suara dari BXR1221 lebih bisa dicerna ketimbang Z103 yang terlalu 'bergemuruh' dan treble-nya kedengaran 'cempreng').
Untuk dentuman bass, diakui agak lemah jika dimainkan pada volume rendah. Tapi jika volume diset sekitar > 50% speaker ini bisa menyajikan dentuman bass yang 'bulat', bersih, dan tidak lari.
Cocok dengan kebutuhan saya, untuk dimainkan di ruangan 3x3 meter, dengan volume sedang, dengan lagu-lagu dari Van Halen, Smasihing Pumpkins, Metallica, Life of Agony, Katy Perry, Kasabian, Pixie Lott, Iron Maiden dan juga enak buat lagu-lagu pop macam Kerispatih atau Maliq & d'Essentials.

C. Penampilan :
Tampilan fisik dari speaker ini cukup elegan , kokoh dan menarik. Terdiri dari 2 satellite berbentuk tabung, dan 1 sub-woofer dengan warna hitam dof. Cocok banget buat disandingkan dengan ThinkPad saya :-).
Fitur yang ada pada speaker sangat minim, hanya ada switch on/off dan scroll volume di speaker kanan. Tapi memang itu yang saya cari, mengingat speaker saya terdahulu memakai remote. Ketika remote-nya rusak maka akan sangat sulit untuk mengatur volumenya.

D. Kesimpulan :
Speaker ini cocok buat anda yang menginginkan speaker 2.1 dengan kualitas suara yang jernih dan bass yang mantap. Enak buat mendengarkan musik rock, pop, nonton film, dan game didalam ruangan 3x3 meter.
Tapi buat anda penikmat musik serius, atau yang menempatkan dentuman / power bass diatas segalanya, mungkin speaker ini kurang bisa memuaskan anda.

2 comments:

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)