Tuesday, August 30, 2011

Jebakan paket internet 5MB dari Telkomsel?

Kemaren sore saya mengisi pulsa Rp.100.000 buat kartu Telkomsel Simpati saya via internet banking. Tak begitu lama, muncul sms notifikasi dari 3636 dengan bunyi sebagai berikut (snapshot) :


Diatas jelas tertera "Internetan 7 hari hny Rp5rb hub *363*5000# dari ponselmu". Apa yang ada di benak anda begitu membaca tulisan diatas? Ya, dengan pikiran awam, kita sudah bisa mendapatkan kesimpulan bahwa : "Telkomsel menawarkan paket internetan selama 7 hari hanya dengan Rp.5000 saja". Karena disini yang ditekankan adalah durasi ( 7hari) maka sudah jelas paket ini masuk dalam kategori Time-based. Wow.. tentu saja ini penawaran menarik dan menguntungkan, apalagi buat orang-orang seperti saya yang gemar mendownload aplikasi dari Android Market.

Baiklah, langsung saya dial *363*5000# dari handphone...
Terkirim...
Lalu muncul SMS berikut :



loh..loh..loh? kok tanpa konfirmasi? dan yang saya dapatkan adalah quota 5MB selama 7 hari. Tunggu dulu, tadi awalnya kan ditawari internetan 5rb dengan durasi 7 hari (time-based), tapi kok sekarang dapatnya malah quota 5MB (volume-based)? Siapa yang minta quota 5MB? Di SMS awal ada nyebutin quota gak?  Saya kan mo beli plan internet selama 7 hari dengan 5rb? dan ternyata 7 hari itu adalah masa belaku dari quota 5MB tersebut.

Dan parahnya lagi paket ini diperpanjang otomatis. Tunggu dulu,..  mana konfirmasi dari konsumen bahwasanya dia menyetujui paket ini akan diperpanjang otomatis? Gak ada kan ?

Trus ini apa namanya? Jelas ini sebuah penjebakan kepada konsumen. Saya benar-benar merasa dijebak. Memang tidak ada yang salah pada paket quota 5MB. Dan saya yakin memang banyak yang terbantu dengan paket internet murah begini.
Tapi saya pribadi tidak suka dengan CARA mereka 'menjebak' konsumen untuk mengambil paket tersebut itu tanpa informasi yang jelas. Apalagi ini dilakukan oleh sebuah operator selular terbesar di Indonesia.

Penawaran awal adalah Time-Based, kenapa yang didapat konsumen adalah paket Volume Based ??

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mendiskreditkan pihak Telkomsel, karena screenshot SMS yang dilampirkan benar-benar valid dari Telkomsel. Semoga tulisan ini dibaca oleh salah satu manajemen Telkomsel dan bisa memperbaiki strategi pemasarannya. Semoga kritik ini bisa menjadi masukan positif buat Telkomsel, jangan sampai kehilangan pelanggan yang sudah sekian lama loyal pada Telkomsel gara-gara hal kecil beginian.

Sebenarnya tanpa bermain-main dengan kalimat pemasaran yang tricky /  menjebak konsumen seperti di atas pun Telkomsel sebenarnya sudah kuat dalam memperebutkan 'jatah kue' di pasar selular. Bukan rahasia lagi, masih banyak orang yang loyal pada produk Telkomsel (walaupun harga pulsanya tidak semurah operator lain), karena kualitas / coverage jaringan Telkomsel masih yang terbaik di Indonesia.

Mari berjualan dengan sehat dan transparan, jangan pake menjebak, biarkan konsumen yang memilih.

60 comments:

  1. thx untuk sudah menuliskan comment atas kejadian diatas. tadi juga setelah isi ulang hampir saja akan coba untuk mendaftar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga berusan tertipu.... gua dah kapok pake telkomsel

      Delete
  2. waaah. . .parrarah bgt gan, hampir jja ane kjebak, tadinya mo dftr jg, tp coba tanya simbah gugel dlu eh nyangkut dimari.
    Thks gan sudh brbagi. Ga jdi deh ktipunya.
    CMIWW

    ReplyDelete
  3. cape deeh.. gw udah kena duluan :-(

    bukan penipuan sih, tapi benar yg bro bilang ini jebakan dengan kalimat pemasaran yg tricky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun istilahnya itu penipuan bro.... gua doain telkomsel bangkrut... biar kapok siah...

      Delete
  4. non aktipkeun internet 5000 7 hari nya gimana ya?

    ReplyDelete
  5. http://felizzcity.blogspot.com/2011/08/berhenti-langganan-telkomsel-flash.html semoga bermanfaat.. saya juga jadi korban nih.. :|

    ReplyDelete
  6. wah idem... sy ikutan paket itu.. pantes pulsa kok boros bgt. Baru sadar hari ini. Smlam isi pulsa 50rb, skrg tinggal 1.00O. Infonya menyesatkan...

    ReplyDelete
  7. parah banget. untung saja saya cari tau lewat google dulu. trus dapet deh tulisan ini. buat penulis makasi banyak infonya. untung deh gak kena tiputipu telk*mshit.

    ReplyDelete
  8. yoi man... ane baru ketipu... dasaaaaarrr... gak ikhlas gw... udah ketipu baru nyari di google.. baka des..

    ReplyDelete
  9. cara menon aktifkannya gimana dong?

    ReplyDelete
  10. hampir aja ketipu, untung om google nemuin artikel ini. makasi banget buat penulis yah

    ReplyDelete
  11. kena dah gue,,,maaf saat ini kami lg sibuk,blaaa blaaa......waktu nerima uang ngga ada sibuknya waktu mau berhenti berlangganan sistem sibuk,,,,indonesia makin parah

    ReplyDelete
  12. wah ini mksdnya gmn boz? gw td isi pulsa 10rb dan ngiler jg dgn info sms nya. trs lgsg daftar. nah skrg yg mau gw tanyain, apakah stlh 5 mb wlopun baru 1 hari maka dah ga bs nge-net lg? ato gmn?

    ReplyDelete
  13. wah gila, ini jelas2 penipuan yg awalnya penjebakan. tadinya gw mikir tawaran ini masuk akal karena gw biasanya pake fun midnight yg cm 1rb, kuota 100 mb berlaku dr jam 00:01 smpe 05:59, dan paket flash unlimited 5rb, kuota 30 mb berlaku 1 hari. nah tawaran diatas gw artikan kuota 5 mb masa berlaku 7 hari. masuk akal kan? artinya makin lama masa aktif maka makin dikit kuotanya.. maka degan semangat gw pun daftar, dan lgsg brosing cari info, dan mendarat disini. bgtu baca2 komen2 diatas, gw liat info di modem gw dah 9 mb. lgsg aja gw disconnect dan cek pulsa. ternyata pulsa gw kesedot 4750. setan alas! PENIPUAN! lgsg aja gw brenti, dan untungnya gampang, lgsg dibales via sms.. makin keren aja lo telkomsel. untung gw pake simpati ngasal bwt modem. jd klo ada sesuatu yg merugikan bgt, maka simcard tinggl buang n ganti yg baru. mending gtu aja bwt yg make modem, beli aja perdana simpati yg khusus bwt nge-net, dan jgn isi pulsa bnyk2. jd klo ada apa2 lgsg buang tu simcard, scara sblmnya gw jg sering kejebak sm telkomsel lintah darat ini!

    ReplyDelete
  14. KURANG AJAR, GW JUGA KENA...
    CARA BERHENTIINNYA KETIK FLASH OFF kirim ke 3636

    ReplyDelete
  15. BANGSAT AS Dasar ASU..........................

    ReplyDelete
  16. wahhhhh, hampir saja gw kena...
    senasib ama azay...
    ga jadi ketipuuuuuuuu
    thx buat penulisnya...

    ReplyDelete
  17. Kampret, hampir ketepu. Thanks infonya gan.

    ReplyDelete
  18. hampir pula sy ketipu donk, untung cari info ke google dulu

    ReplyDelete
  19. gak jadi deh daftar yg satu nih, kira-kira apa ya internet unlimited yg murah, buat opera mini aja. pakai three sambungannya jelek nggak meyakinkan.

    ReplyDelete
  20. samaaaa-_- hiks

    ReplyDelete
  21. Telkomsel parah.. tukang tepu habis!!!

    ReplyDelete
  22. wkwkwkwkwkkkkk hampir2 kena

    ReplyDelete
  23. jangkrik ne gan,gw kena tipu dah..pas gw isi 50k gw lsng dpt iklan itu,bru gw call no nya gw udah trdaftar unlimited 5k ya gw cba aj broswing-maen game 1hran eh pagi2 DC tug game pi modem masih konek,gw coba check gak taunya pulsa 45k gw amblas,emang dah babi..

    ReplyDelete
  24. H A R A M ..... uang yang didapat dari menipu ...
    Aku juga baru kena tipu, padahal biasanya ada konfirmasi dulu waktu mau daftar ... dasar tukang tipu .... Haram uang dari pulsaku dan orang2 yang ketipu itu ...

    ReplyDelete
  25. Makasih byk y mas adi atas sharingan info + foto mengenai paket flash tsb...Aku barusan dpt sms tsb n cari info di inet dulu dan ternyata sdh byk yg tertipu...maju terus mas adi.

    ReplyDelete
  26. IYA SAYA PAKE SIMPATI JUGA GITU....
    ANCENE JUANCOK...

    ReplyDelete
  27. Wah parah nih, untung aja ga kejebak...
    Hampir aja, abis isi gocap dapet sms diatas
    Kayaknya dah lama nih modusnya, laporin kemana nih biar kapok!

    ReplyDelete
  28. thanks buat artikelnya,, amat sangat nyaris sekali banget gw ketipu.. tadi baru abis ngisi pulsa 100 lewat atm,ada sms yg sama persis di atas.. untung sempet googling dolo,trus tersesat di mari.. thanks gan infonya!!! bangsat bener neh telkongsh*t,, dari dolo gak nyadar nyadar ..

    ReplyDelete
  29. Terimakasih untuk infonya... hampir saja saya daftar. untuk tanya mbak google, nyampe di postingan ini.
    Makasih

    ReplyDelete
  30. pake flash sama dengan udah ketipu menurut ane

    ReplyDelete
  31. aku juga pernah ketipu telkomsel untung aja gwa stop langsung, pindah operator lain aja ane

    ReplyDelete
  32. JEMPOLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL
    makasih gan

    ReplyDelete
  33. Emang tuh telkomsel lintah darat...

    ReplyDelete
  34. Untung cari info dulu dari mbah Google, hampir ketipu juga gua...

    ReplyDelete
  35. Untung aja saya ga lgsg tu no. Untung dialnya di mbah google dulu. Thx gan lnfonya. Untuk Indonesia pelayanan dari segi telekomunikasi masih jauh dbawah standar. Untuk anda semua yg berada dikota besar masih beruntung karena coverage lbih mmuaskan ktimbang kmi yg berada dikota kecil karena sungguh jauh perbedaannya ktika saya bersilaturahmi ke kota besar. Sedangkan tarif untuk layanan internet tak ada bedanya kecuali telp atau sms. Sungguh mengecewakan.

    ReplyDelete
  36. Trims sharingnya...hampir jg kena jebakan batman lol, untung dicek dl ke om google dpt sharing berharga spt ini. Gw biasa pake fun midnight utk donlot gede2an dan paket 17thn utk pemakaian full day, trgantung mana yg gw lg bth...so, ati2 guys dng paket goceng gini, emang telkomsel kudu perbaiki nih cara pemasaran nya yg model tricky gini dan kita jg kudu "curigation" mode on kl soal promo2 murmer. Jujur gw pk tsel cm krn coverage aja, kl ada yg bisa nandingin gw jg psti bisa pindah pilihan hehe, customer kan smart skrg

    ReplyDelete
  37. tung ane liat2 mbah google, pir aja kjebak ne paket. thxs ya gan infonya

    ReplyDelete
  38. trims bos, ane juga hampir kejebak..unutng googling dulu..

    ReplyDelete
  39. Thanks infonua bos, parah banget emang trik2 marketing sekarang

    ReplyDelete
  40. Betul! Saya terjebak juga. Lagipula tidak jelas bagaimana menghitung pulsanya karena cepat sekali habis. Tanpa membuka apa pun tiba-tiba "bonus"nya dinyatakan habis. Begitu juga dengan cepat quota paket habis dan berlaku "tarif normal" yang artinya pulsa utama tersedot dengan tarif super mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Pak Yahwi, saya juga jengkel, tidak ada kejelasan kapan masuk ketarif normal, tau-tau pulsa udah habis aja :-(

      Delete
  41. Bener juga ..sepertinya jebakan batman, hehehhe...
    ternyata tulisan ente belum dibaca oleh pihak telkomsel bro, buktinya hari ini ane isi pulsa, tetep ada penawaran seperti itu. emang kadal !!!

    ReplyDelete
  42. Seandainya 5 ribu unlimited untuk 7 hari termasuk murah yah gan

    ReplyDelete
  43. Ya itulah pentingnya tulisan2 seperti ini,
    karena konsumen di Indonesia memang masih sangat mudah buat obyek jebakan.

    Udah dijebak transaksinya, kualitas juga gak jelas.
    Pernah beli paket 1000 buat 1 MB untuk satu hari, tapi gak pernah kepakai
    karena loading selalu berakhir time out, parahnya besuknya diperpanjang otomatis.

    ReplyDelete
  44. kalo dianalogikan begini :
    kita lagi travelling, liat ada iklan hotel "Nginap disini 7 malam hanya Rp.50.000), tapi setelah bayar ternyata ada lagi aturan didalamnya, selama 7 malam, hanya bisa pakai kasur s/d 5 jam, air cuma disediakan s/d 10 liter, AC cuma sampai suhu 25*C dan hanya bisa dipakai s/d 5 jam, TRUSS GW HARUS NGAPAIN DI HOTEL INI !!?? uang sudah habis, gak sampai 7 hari juga gw udah pasti cabut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. diperpanjang otomatis juga

      Delete
  45. Hampir sy kjebak. untung msh ngabisin sisa kuota kartu lain. Krn ragu ya googling dulu. eh kacau ternyata

    ReplyDelete
  46. cara untuk menghentikannya coba agan2 ketik " flash off " kirim ke 3636

    ReplyDelete
  47. makasih infonya gan... hampir kejebak juga nih... mending paket yang jelas-jelas aja dah... liat dulu di website resmi telkomselnya.

    ReplyDelete
  48. Gw jg hampir kena jebakan.. menggoda bgt sms telkomsel internet 7hari cm 5ribu.. gw pkr bs lbh hemat..
    Uda gw daftar.. lgs tanpa konfirmasi qt didaftarkan paket jebakan tsebut..
    Syukur paket gw yg lama blm off jadi mcul pesan blm bs daftar krn msh ada paket lama..
    Tp gw uda ada firasat ga enak dah.. pasti ini paket jebakan alias penipuan..psti 7hr dikaxi kuota.. telkomsel gt loh..mana ada yg murah..
    Jd gw safety aja..gw ttp pk paket smartphone samsung galaxy full..
    Anyway thanks buat bung Adi da share blog ini.
    Saran buat telkomsel: jgn kampungan bgt cara marketingnya.. ini jelas penipuan..

    ReplyDelete
  49. Best posting.....kang....sayangnya pihak TELKOMSEL yang punya berbagai macam kartu itu tutup mata dan telinga untuk masalah kaya ginian, asihan karyawan2nya yg baik makan gaji dari uang sumpah orang lain...tolong FPI dan para penasehat perusahaan tegur para pengusaha2 yg menghalalkan segala cara khususnya TELKOMSEL sama saja makan sodara ini mah katanya puny Indonesia raya kok orang indonesianya sendiri di oongin....mana rasa Nasionalis-nya

    ReplyDelete
  50. Assalamu'alaikum...
    Maaf, cuma mau berbagi info. Saya sudah sering menggunakan paket ini dan alhamdulillah tidak ada masalah karena saya selalu mendapat konfirmasi sms untuk setiap tindakan. Dan tampilan sms konfirmasi yang sekarang, berbeda dengan yang diatas. Mungkin karena berbeda tahun & mungkin sudah ada pembenahan dari pihak telkomsel. Sekarang kan sudah tahun 2013.
    Saya aktifkan paket ini dengan mengetik *363*5000#
    setelah itu ada sms konfirmasi yang menanyakan apakah saya akan membeli paket Rp. 5000 untuk 20Mb (berlaku 7 hari)
    jika saya menyetujui, saya harus membalas sms dengan: FLASH YA
    mereka juga warning ke kita untuk menunggu sms konfirmasi aktifasi paket tersebut, sebelum kita menggunakannya.
    Dan sejak 2 hari sebelum masanya berakhir, saya selalu terima sms pemberitahuan apakah ingin dilanjutkan.
    Kalau iya, saya cukup membalas sms tersebut dengan mengetik: FLASH 5000 ON
    Kalau tidak, ya cukup abaikan saja sms tersebut.

    Di negara tercinta kita ini, memang para konsumen dituntut untuk extra cerdas & cermat mengamati trick marketing...

    Wassalam...

    ReplyDelete
  51. hahahaha kita senassib broo,, aku juga pelanggan setia TELKOMSEL tp itu dulu...!!! sekarng minggat, karena jebakan paket nelpon yang udah di kasih gratisnya,, eeeh..!! baru 5 menit ada suara thuuuutt-thuuuuttt di henphone gua,, ternyata pulsanya habis dan paket@ masih utuh... sejak itulah gue minggat dari si Kampret,,,

    ReplyDelete
  52. Mantap Gan..!!

    Koleksi kumpulan video terbaru 2015 kunjungi:
    1. http://Xvideos.blog33.com
    2. http://Bokep2.boswap.com
    3. http://waptrick.bokep.bz
    4. http://Mobile9.satu.mobi
    http://waptrick.blog2an.com

    ReplyDelete
  53. kunjungi ya situs kami:
    http://borwap.listav.mobi
    http://fullmovie.situs.bz
    free download mp3 terbaru

    ReplyDelete

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)