Friday, September 9, 2011

Memperkuat sinyal modem Sierra Wireless Compass 885 dengan Antenna MB-11F + Pigtail

Untuk kebutuhan internet di rumah saya memakai modem HSPA Sierra Wireless Compass 885 dengan kartu 3 (Three/Tri). Kenapa pake Three? Jelas karena murah dan quota besar. Tapi sayangnya di lokasi kediaman saya (Pondok Kopi, Jakarta Timur) sinyal Three tergolong jelek, dapatnya ya GPRS atau EDGE, jarang banget dapat 3G apalagi HSPA.
Sierra Wireless Compass 885


Akhirnya saya coba beli dari internet berupa antenna tambahan MB-11F dengan kabel pigtail yang kompatibel dengan konektor yang ada di body modem Sierra Compass 885.

Antenna MB-11F


Pigtail for Sierra Wireless Compass 885

Pemasangan cukup mudah. Tinggal hubungkan antenna + pigtail + modem. Done!



Pengujian :

Seperti yang saya jelaskan di awal tulisan, bahwa kondisi sinyal di rumah sangat jelek sehingga saya tidak bisa melakukan komparasi (pra pemasangan antenna) dengan speedtest.net :-( Jadi sebagai komparasi saya hanya bisa memberikan snapshot berapa bar sinyal yang didapat sebelum dan sesudah pemakaian antenna ini :

Sebelum pakai antenna MB-11F (Hanya dapat sinyal 2G/GPRS 4 bar)

Sesudah pakai antenna MB-11F (Dapat sinyal 3G/HSPA 4 bar)
  Ternyata dengan memakai antenna tambahan MB-11F pada modem Sierra Wireless 885 terbukti bisa meningkatkan daya tangkap terhadap sinyal HSPA. Pengalaman browsing terasa jauh lebih cepat (tapi untuk Youtube masih ada buffering). Sepertinya saya harus mencoba dengan beberapa kartu GSM yang berbeda dengan lokasi yang berbeda-beda juga untuk mendapatkan hasil terbaik.

Walaupun begitu, dari beberapa review yang saya baca, masih ada sebagian orang yang memakai antenna ini menyatakan tidak ada peningkatan performa, berarti hasil yang didapatkan tetap tergantung pada posisi / kondisi geografis kita serta coverage dari operator.

Interesting ?


2 comments:

  1. ane pemakai modem yg sama at&t dengan kartu IM2,,,, penerimaan sinyal 3g rata rata hanya 2 bar, sy putuskan beli Antena Portable 5dB 3G
    di website modemku.
    ternyata colokan dengan modem at&t tidak pas, kata customer service di modemku.com tinggal di lilitkan saja ke modem nya,, tp hasilnya nol tidak sinyal bergeming di 2 bar.
    ada saran gan ?
    pls email ke naylashazia@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak/mas naylashazia,

      maaf saya kurang paham dengan cara melilitkan ke modem, tapi jika modemnya sama Sierra Wireless 885 dan ternyata tidak pas, coba ganti kabel pigtailnya aja... bisa dicek disini http://www.jakartanotebook.com/products/detail/2025/2396/44/pigtail-sierrawireless-885.html

      semoga membantu

      Delete

Leave your comments with attitude please. This blog does DOFOLLOW :-)