Tuesday, August 30, 2011

Jebakan paket internet 5MB dari Telkomsel?

Kemaren sore saya mengisi pulsa Rp.100.000 buat kartu Telkomsel Simpati saya via internet banking. Tak begitu lama, muncul sms notifikasi dari 3636 dengan bunyi sebagai berikut (snapshot) :


Diatas jelas tertera "Internetan 7 hari hny Rp5rb hub *363*5000# dari ponselmu". Apa yang ada di benak anda begitu membaca tulisan diatas? Ya, dengan pikiran awam, kita sudah bisa mendapatkan kesimpulan bahwa : "Telkomsel menawarkan paket internetan selama 7 hari hanya dengan Rp.5000 saja". Karena disini yang ditekankan adalah durasi ( 7hari) maka sudah jelas paket ini masuk dalam kategori Time-based. Wow.. tentu saja ini penawaran menarik dan menguntungkan, apalagi buat orang-orang seperti saya yang gemar mendownload aplikasi dari Android Market.

Baiklah, langsung saya dial *363*5000# dari handphone...
Terkirim...
Lalu muncul SMS berikut :



loh..loh..loh? kok tanpa konfirmasi? dan yang saya dapatkan adalah quota 5MB selama 7 hari. Tunggu dulu, tadi awalnya kan ditawari internetan 5rb dengan durasi 7 hari (time-based), tapi kok sekarang dapatnya malah quota 5MB (volume-based)? Siapa yang minta quota 5MB? Di SMS awal ada nyebutin quota gak?  Saya kan mo beli plan internet selama 7 hari dengan 5rb? dan ternyata 7 hari itu adalah masa belaku dari quota 5MB tersebut.

Dan parahnya lagi paket ini diperpanjang otomatis. Tunggu dulu,..  mana konfirmasi dari konsumen bahwasanya dia menyetujui paket ini akan diperpanjang otomatis? Gak ada kan ?

Trus ini apa namanya? Jelas ini sebuah penjebakan kepada konsumen. Saya benar-benar merasa dijebak. Memang tidak ada yang salah pada paket quota 5MB. Dan saya yakin memang banyak yang terbantu dengan paket internet murah begini.
Tapi saya pribadi tidak suka dengan CARA mereka 'menjebak' konsumen untuk mengambil paket tersebut itu tanpa informasi yang jelas. Apalagi ini dilakukan oleh sebuah operator selular terbesar di Indonesia.

Penawaran awal adalah Time-Based, kenapa yang didapat konsumen adalah paket Volume Based ??

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mendiskreditkan pihak Telkomsel, karena screenshot SMS yang dilampirkan benar-benar valid dari Telkomsel. Semoga tulisan ini dibaca oleh salah satu manajemen Telkomsel dan bisa memperbaiki strategi pemasarannya. Semoga kritik ini bisa menjadi masukan positif buat Telkomsel, jangan sampai kehilangan pelanggan yang sudah sekian lama loyal pada Telkomsel gara-gara hal kecil beginian.

Sebenarnya tanpa bermain-main dengan kalimat pemasaran yang tricky /  menjebak konsumen seperti di atas pun Telkomsel sebenarnya sudah kuat dalam memperebutkan 'jatah kue' di pasar selular. Bukan rahasia lagi, masih banyak orang yang loyal pada produk Telkomsel (walaupun harga pulsanya tidak semurah operator lain), karena kualitas / coverage jaringan Telkomsel masih yang terbaik di Indonesia.

Mari berjualan dengan sehat dan transparan, jangan pake menjebak, biarkan konsumen yang memilih.

Sunday, August 28, 2011

Blogaway : blogger client di Android



TESTING : Artikel ini ditulis melalui hape Android saya dengan aplikasi blog client Blogaway

TESTING upload gambar :


Monday, August 8, 2011

Nostalgia Windows 3.1 secara online

Bagi anda yang kuliah di tahun 1990-an keatas, pasti mengenal operating system MS Windows 3.1.
Jika anda ingin sekedar bernostalgia atau rindu dengan pengoperasian MS Windows 3.1, anda bisa mencicipi cloning Windows 3.1 secara online di http://michaelv.org/

Windows 3.1 Program Manager
Tentu saja ini bukan operating system beneran, tapi sebuah web application yang UI-nya didesain menyerupai MS Windows 3.1

Tricky : Pada browser Firefox, tekan tombol F11 untuk tampilan Full Screen sehingga rekan kerja anda akan benar-benar percaya bahwa anda sedang mengoperasikan Windows 3.1  :-)

Selamat bernostalgia !