Friday, September 9, 2011

Memperkuat sinyal modem Sierra Wireless Compass 885 dengan Antenna MB-11F + Pigtail

Untuk kebutuhan internet di rumah saya memakai modem HSPA Sierra Wireless Compass 885 dengan kartu 3 (Three/Tri). Kenapa pake Three? Jelas karena murah dan quota besar. Tapi sayangnya di lokasi kediaman saya (Pondok Kopi, Jakarta Timur) sinyal Three tergolong jelek, dapatnya ya GPRS atau EDGE, jarang banget dapat 3G apalagi HSPA.
Sierra Wireless Compass 885


Akhirnya saya coba beli dari internet berupa antenna tambahan MB-11F dengan kabel pigtail yang kompatibel dengan konektor yang ada di body modem Sierra Compass 885.

Antenna MB-11F


Pigtail for Sierra Wireless Compass 885

Pemasangan cukup mudah. Tinggal hubungkan antenna + pigtail + modem. Done!



Pengujian :

Seperti yang saya jelaskan di awal tulisan, bahwa kondisi sinyal di rumah sangat jelek sehingga saya tidak bisa melakukan komparasi (pra pemasangan antenna) dengan speedtest.net :-( Jadi sebagai komparasi saya hanya bisa memberikan snapshot berapa bar sinyal yang didapat sebelum dan sesudah pemakaian antenna ini :

Sebelum pakai antenna MB-11F (Hanya dapat sinyal 2G/GPRS 4 bar)

Sesudah pakai antenna MB-11F (Dapat sinyal 3G/HSPA 4 bar)
  Ternyata dengan memakai antenna tambahan MB-11F pada modem Sierra Wireless 885 terbukti bisa meningkatkan daya tangkap terhadap sinyal HSPA. Pengalaman browsing terasa jauh lebih cepat (tapi untuk Youtube masih ada buffering). Sepertinya saya harus mencoba dengan beberapa kartu GSM yang berbeda dengan lokasi yang berbeda-beda juga untuk mendapatkan hasil terbaik.

Walaupun begitu, dari beberapa review yang saya baca, masih ada sebagian orang yang memakai antenna ini menyatakan tidak ada peningkatan performa, berarti hasil yang didapatkan tetap tergantung pada posisi / kondisi geografis kita serta coverage dari operator.

Interesting ?


Thursday, September 8, 2011

Xubuntu 11.04 : Mengaktifkan middle button pada TrackPoint ThinkPad x100e

Hari ini saya memutuskan berpindah dari dekstop manager Unity (damn, i hate Unity) di Ubuntu dengan XFCE. Setelah menginstall XFCE a.k.a Xubuntu Desktop, lumayan bisa memberikan performance yang cepat.

Tapi ada satu bug yang saya temui dimana middle button pada TrackPoint ThinkPad x100e saya tidak berfungsi, dan item Pointing Device tidak ada di menu. Padahal saya sangat memerlukan tombol tersebut buat fungsi scrolling di web, file manager, dll.

TrackPoint middle button
 Ternyata setting di gpointing-device-settings harus di-set ulang.

  1. Buka Terminal
  2. Ketikkan sudo gpointing-device-settings
  3. Pilih TPPS/2 IBM Trackpoint 
  4. Beri tanda check pada "Use middle button emulation"
  5. Beri tanda check pada "Use wheel emulation"
  6. Pada button ubah angka 4 menjadi 2
  7. OK
Done. Middle Button pada TrackPoint anda akan kembali normal. Semoga membantu

Mengaktifkan CURL di XAMPP

php.ini
Pada saat saya menginstall eyeOS pada server local (running XAMPP) saya mendapatkan notifikasi bahwa modul curl belum diaktifkan. Terus bagaimana cara mengaktifkan module library curl di XAMPP ?





Mudah saja, silakan cara file php.ini di c:\xampp\php\php.ini

Lalu cari baris script
;extension=php_curl.dll

Hilangkan tanda ";" di depan kata extension tersebut, lalu simpan filenya.
Setelah itu silakan restart service Apache dengan cara tekan tombol stop Apache di XAMPP Control Panel lalu start lagi service Apache-nya.

Selamat, module library curl telah aktif di XAMPP :-)

Monday, September 5, 2011

Cara mendapatkan snapshot layar pada smartphone Android 2.2.

Pada OS Android (saya memakai versi 2.2 Froyo), ada trick yang cukup mudah buat mendapatkan gambar / snapshot dari screen handphone kita tanpa aplikasi tambahan.

Caranya adalah dengan menahan (hold) tombol BACK sekitar 2 detik, lalu tekan tombol HOME.

Selesai. Gambar snapshot akan tersimpan di /sdcard/ScreenCapture

Semoga trick ini berguna